Toyota Grand New Avanza

New Avanza 1.3 E MT STDRp 217.000.000,-
New Avanza 1.3 E AT STDRp 229.000.000,-
New Avanza 1.3 E MTRp 220.000.000,-
New Avanza 1.3 E ATRp 231.000.000,-
New Avanza 1.3 G MTRp 238.000.000,-
New Avanza 1.3 G ATRp 248.000.000,-
New Avanza 1.5 G MTRp 251.000.000,-

1. PENGANTAR TOYOTA AVANZA 2019

Review Toyota Avanza 2019 – Melihat perjalanan Toyota Avanza sejak kemunculannya tahun 2003, mobil ini telah menjadi pionir terbentuknya satu segmen besar low MPV. Sebuah segmen yang mengutamakan fungsionalitas baik sebagai sarana transportasi manusia maupun kendaraan penunjang bisnis untuk membawa banyak barang. Konfigurasi 7 penumpang Toyota Avanza sengaja didesain menyesuaikan dengan karakter budaya orang Indonesia yang menyukai kebersamaan dan kumpul-kumpul dengan siapapun. Hasilnya bisa dilihat, meski secara penampilan nyaris tidak terlalu banyak berubah Toyota Avanza tetap menjadi mobil pilihan nomor satu masyarakat. Terlebih mobil ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

Foto Toyota Avanza generasi pertama tahun 2003 tampak dari samping

Toyota Avanza generasi pertama tahun 2003, sederhana tapi sangat memikat

Hanya saja, meski sudah lima belas tahun mengaspal menemani masyarakat Indonesia, Toyota Avanza baru mengalami pembaruan generasi satu kali, yaitu tahun 2011 atau delapan tahun setelah diluncurkan di pameran Gaikindo Auto Expo 2003. Jika pun ada pembaruan yang dilakukan pada generasi tertama, sifatnya hanya facelift yaitu saat peluncuran varian baru akhir 2006 dengan bekal mesin 1.500 cc. Sebelumnya Toyota Avanza generasi pertama hanya mengusung hanya tersedia satu pilihan mesin 1.300 cc dan dua tipe, E dan G.

Generasi kedua yang dimulai tahun 2011 TAM melakukan perombakan signifikan mulai dari dimensi sasis yang lebih panjang sehingga menghadirkan ruang kabin lebih lapang, desain eksterior dengan garis tegas dan interior yang lebih kekinian, berbagai fitur kelengkapan yang berkaitan dengan kenyamanan, keamanan dan keselamatan hingga mesin yang resmi tersedia dalam dua pilihan 1.300 cc dan 1.500 cc. Pada generasi kedua pula lahir satu flagship bernama Veloz yang menempati posisi tertinggi di jajaran tipe Toyota Avanza.

Sama dengan generasi pertama yang bertahan lama baru mengalami pembaruan, generasi kedua juga masih dipertahankan. Semua perubahan yang diusung pada generasi kedua lebih terfokus pada sisi penampilan fisik, seperti Grand New Avanza 2015 yang memiliki desain lampu lebar memanjang dan desain lampu belakang mirip huruf L. Namun dari rasa berkendara semua masih sama alias tak banyak berubah.

Toyota Avanza generasi kedua tahun 2012 tampak dari depan samping

Toyota Avanza generasi pertama tahun 2012, terlihat makin stylish

Bukan tanpa alasan Toyota Avanza bertahan dalam waktu lama di tiap generasi. Bukti penjualan di angka ratusan ribu unit tiap tahun menunjukkan keterpilihan Toyota Avanza sebagai kendaraan keluarga yang multifungsi dan benar-benar mengakomodir kebutuhan konsumen. Sedikit dikhawatirkan jika generasi terbaru dihadirkan bisa saja mengurangi ekspektasi masyarakat yang akhirnya berimbas pada penjualan.

Bagaimana dengan Toyota Avanza 2019?

Diakui atau tidak diakui kehadiran Toyota Avanza 2019 sedikit banyak dipengaruhi peta persaingan segmen low MPV yang makin ketat pada tahun 2017, yaitu sejak kemunculan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan Agustus. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan keduanya menjadi idola baru di segmen mobil keluarga. Xpander tampil dengan desain futuristik yang sebelumnya tidak pernah ada di bumi Indonesia. Sementara Confero S menawarkan berbagai fitur-fitur premium dengan harga yang sangat terjangkau untuk mobil sekelas low MPV.

Efek langsung dirasakan saat masuk 2018 dimana penjualan Toyota Avanza mengalami koreksi signifikan. Mitsubishi Xpander menyalip ke posisi pertama dengan penjualan paling tinggi di bulan Februari dan terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Desakan perubahan makin kencang dari para pecinta merek Toyota untuk segera melakukan pembaruan dan hal ini juga sangat dinanti oleh sebagian besar masyarakat. Tapi rupanya, TAM masih merasa yakin dengan Toyota Avanza generasi kedua. Toyota Avanza 2019 yang diluncurkan dengan label New Avanza 2019 di Fairmont Hotel Jakarta pada Selasa, (15/1/2019) ternyata hanya model facelift, bukan All New seperti yang diharapkan banyak orang. Lalu apa yang istimewa dari model ini, berikut ulasannya!

2. EKSTERIOR TOYOTA AVANZA 2019

Seperti umumnya model facelift yang mengalami penyegaran, Toyota Avanza 2019 juga mendapat sentuhan perubahan di bagian eksterior, interior dan beberapa fitur kelengkapan.

Review Toyota Avanza 2019 : Eksterior Depan

Foto bagian depan Toyota Avanza 2019

Facia Toyota Avanza 2019 tampil lebih kekinian

Dari arah depan facia Toyota Avanza 2019 paling banyak berubah dibanding bagian lain dan hampir sepenuhnya baru. Dimulai dari desain lampu yang berbentuh pipih dan dibikin bertingkat terpisah oleh garis bodi, bagian atas sebagai lampu utama dan bagian bawah adalah lampu sein. TAM mengakui kalau desain lampu utama ini terinspirasi dari model premium yang berada di kasta menengah, Toyota Vellfire.

Garnish chrome dengan ukuran sama pipih dengan lampu utama melintang dari kanan ke kiri seperti menyatukan keduanya. Sementara di bagian tengah terpampang jelas logo Toyota yang sangat khas. Lebih ke bawah, ada bumper dengan lekukan tegas menampakkan kesan tangguh mengapit grille yang dibikin dengan tiga kisi utama. Dipandang lekat-lekat perpaduan bumper dan grille ini menampakkan garis tegas berbentuk huruf X.

Review Toyota Avanza 2019 : Eksterior Samping

Foto Toyota Avanza 2019 tampak samping

Toyota Avanza 2019 masih dengan dimesin sama dengan mobil sebelumnya

Bagian ini tidak mengalami perubahan yang berarti. Selain karena tidak ada perubahan dari sisi dimensi, penataan pilar A, B, C dan D, ukuran jendela serta garis bodi semua masih sama. Jika ada yang sedikit berbeda, dari arah samping Anda akan melihat antena sirip hiu di bagian atas.

Review Toyota Avanza 2019 : Eksterior Belakang

Foto bagian belakang Toyota Avanza 2019

Sedikit sentuhan perubahan di bagian belakang bikin Toyota Avanza 2019 untuk menujukkan kesan mobil baru

Jika bagian depan mendapat sentuhan perubahan signifikan, lain dengan bagian belakang yang hanya mendapat sedikit sentuhan yaitu di bagian lampu utama dan lens extender. Lampu utama didesain vertikal dengan sisi atas melengkung. Sementara untuk menyesuaikan dengan desain lampu utama bagian depan yang didesain bertingkat, lampu rem dan lens exterder di bagian belakang juga didesain bertingkat. Keduanya displit garnish chrome yang melintang dari sisi kiri ke kanan.

Selain tatanan lampu yang masih menggunakan konsep model lama (berbentuk L) namun dengan desain baru dan sedikit lekukan di bagian bumper, nyaris tak ada lagi yang berubah. Melihat dari arah belakang orang bisa dengan mudah menebak kalau itu adalah Toyota Avanza yang desain belakangnya sudah tidak asing lagi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA AVANZA 2019

Masuk ke bagian dalam mobil, kesan yang langsung terasa adalah kabin yang lapang khas Toyota Avanza. Hanya saja ada yang berubah saat bagian interior diamati lebih mendetail, khususnya di bagian ruang kemudi atau baris depan.

Review Toyota Avanza 2019 : Dashboard dan Setir

Foto kabin dan dashboard Toyota Avanza 2019

Kabin lapang Toyota Avanza 2019 dengan dashboard warna dual tone, head unit layar sentuh dan panel AC digital

Dari sisi desain tak ada yang perubahan bentuk dashboard. Hanya warnanya saja yang sebelumnya berwarna coklat muda menjadi beige untuk menampilkan kesan elegan. Pada dashboard Toyota Avanza 2019 ini Anda tidak akan mendapati banyak tombol-tombol pengaturan di bagian dashboard seperti halnya model sebelumnya. Ini karena sebagian besar panel sudah diganti digital yang bisa dioperasikan melalui head unit layar sentuh. Bahkan Anda tidak akan menemukan tombol putar pengatur AC dikarenakan juga sudah diganti dengan panel digital.

Tepat diantara head unit dan panel AC digital ada lampu peringatan seat belt dan tombol segitiga merah untuk mengaktifkan lampu hazard. Sedangkan untuk power outlet kini sudarh tersebar hingga tempat duduk baris ketiga.

Di bagian setir terdapat switch audio dan pengatur volume. Ini memberi kemudahan kepada pengemudi saat ingin mengganti chanel radio atau mengatur besar kecil volume speaker tanpa harus tangan terlepas dari kemudi. Setir juga bisa dinaik-turunkan (tilt) sehingga pengemudi bisa mengatur sesuai kenyamanannya sendiri saat mengemudi.

Review Toyota Avanza 2019  : Jok

Foto jok Toyota Avanza 2019 dengan bahan fabric

Jok dari bahan fabric Toyota Avanza 2019 memberikan kenyamanan lebih

Sebagai mobil keluarga Toyota Avanza 2019 lebih mengutamakan kenyamanan dibanding kemewahan seperti halnya model sebelumnya. Jok dibikin dari bahan fabric dengan busa tebal lengkap dengan head rest hingga baris ketiga. TAM belum berani menggunakan material kulit untuk model facelift ini.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA AVANZA 2019

Selain desain yang memikat, fitur tak kalah penting menjadi daya tarik buat konsumen khususnya yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan. Toyota Avanza 2019 dibekali fitur-fitur tersebut baik yang bersifat wajin atau standar hingga pendukung.

Review Toyota Avanza 2019 : Fitur Kenyamanan

Foto suspensi Toyota Avanza 2019

Suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-Link Lateral Rod meningkatkan stabilitas dan kenyamanan

Kalau Anda pernah naik Toyota Avanza generasi kedua sebelumnya baik sebagai pengemudi maupun penumpang, seperti itulah gambaran rasa berkendara Toyota Avanza 2019. Raungan mesin masih terdengar dari balik kemudi meski dengan tingkatan yang lebih rendah. Artinya kesenyapan lebih baik dari model sebelumnya. Optimalisasi pada Body Structure & Sound Insulation Materials meningkatkan kesenyapan kabin dan kenyamanan saat berkendara. Untuk sistem hiburan, ada head unit layar sentih steering switch dengan 6 speaker. Sistem pengaturan AC juga sudah digital.

Review Toyota Avanza 2019 : Fitur Keselamatan

Ilustrasi sistem pengiriman ABS pada mobil

Toyota Avanza 2019 dibekali fitur keselamatan standar dan kekinian

Untuk urusan yang satu ini Toyota tidak membeda-bedakan. Semua varian Toyota Avanza 2019 dilengkapi dengan SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS (Anti-Lock Braking, System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning. Khusus tipe 1.3 G sudah disematkan sensor parkir, namun sayang belum ada kamera parkir sebab fitur ini hanya ada pada varian Veloz.

>>> Review Mitsubishi Xpander 2018: Siap Dominasi Segmen MPV Hingga Akhir Tahun

5. OPERASI TOYOTA AVANZA 2019

Mesin Dual VVT-i Toyota Avanza 2019

Mesin berteknologi Dual VVT-i diandalkan memberikan performa mumpuni pada Toyota Avanza 2019

Sekali lagi, Toyota Avanza 2019 adalah model facelift. Perubahan yang diusung hanya sebatas desain eksterior, interior dan fitur. Tidak sampai menyentuh pada perubahan dimensi, sasis dan dapur pacu. Ada dua pilihan mesin berteknologi Dual VVT-i yang ditawarkan yaitu 1.329 cc (96,5 Ps 12,3 Kgm) dan 1.496 cc (104 Ps 13,9 Kgm).

6. SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA 2019

Spesifikasi Mesin
Tipe MesinIL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-iIL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder1.329 cc1.496 cc
Tenaga Maksimum96,5 Ps104 Ps
Torsi Maksimum12,3 Kgm13,9 Kgm
TransmisiManual 5-speed / Otomatis 4-speedManual 5-speed
Spesifikasi Bodi
P x L x T4.190 x 1.660 x 1.695 mm4.190 x 1.660 x 1.695 mm
Wheelbase2.655 mm2.655 mm
Spesifikasi Kaki-kaki
Rem Depan / BelakangDisc / DrumDisc / Drum
Velg185 / 70 R14185 / 65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AVANZA 2019

KelebihanKekurangan
Desain eksterior bagian depan lebih kekinianTak ada kamera parkir
Suspensi empuk meningkatkan kenyamananRem belakang masih tromol
Head unit layar sentuh dan panel AC digital, lebih modernHarusnya ada fitur Smart Key untuk varian 1.5
Harga tidak naik 
Call
Whatsapp